Edwin Beard Budding (1795-1846)

31 10 2008

Pencipta Mesin Pemotong Rumput

Bagi pemilik rumah yang memiliki areal tanah yang luas akan selalu mendapatkan kesulitan untuk memotong rumput yang tumbuh secara liar dihalaman rumah. Tentu saja tumbuhan liar itu akan sangat menggangu bagi keindahan halaman rumah kita. Seorang penemu asal Inggris, Edwin Beard Budding menemukan mesin pemangkas rumput yang memudahkan dalam proses memotong rumput. Dalam waktu singkat halaman rumah akan terlihat rapi dan bersih dari rumput.

Edwin Beard Budding, lahir pada tahun 1830, di kota Stroud, Gloucestershire, Inggris. Semenjak kecil ia telah memiliki bakat sebagai seorang penemu.Orang tuanya adalah seorang petani di kota kelahirannya. Meski tergolong miskin, orang tuanya sanggup menyekolahkan Budding hingga mendapatkan gelar insinyur. Sebelum menciptakan mesin pemotong rumput, Budding bekerja sebagai pemotong kain di sebuah pabrik pakaian di Chalford. Ditengah kesibukan dalam memotong kain, ia masih sempat memikirkan untuk menciptakan sesuatu untuk kepentingan publik.

Suatu hari, ia memiliki sebuah ide untuk menciptakan sebuah mesin yang bisa bekerja cepat untuk memotong rumput di halaman rumahnya. Daya kreatifnya muncul dengan tercetus sebuah ide untuk menciptakan sebuah mesin pemotong rumput. Budding mulai tertarik menciptakan mesin pemotong rumput setelah terinspirasi dengan memperhatikan cara kerja mesin pemotong pakaian yang berbentuk silinder. Mesin tersebut menempel pada semacam papan untuk menghaluskan pakaian setelah ditenun. Dengan tekun Budding mengamati cara kerja mesin pemotong pakaian itu.

Perlahan tapi pasti, Pada 1927, Budding mulai menggambarkan konsep kerja mesin pemotong kain tersebut untuk diterapkan sebagai mesin pemotong rumput. Sebagian besar ahli mesin pada waktu itu menyebutkan, mesin pemotong rumput buatan Budding terbuat dari besi dengan menempelkan roda yang berpisau. Dalam prosesnya nanti, pisau ini akan digerakkan mesin tersebut untuk meratakan permukaan rumput. Sejak saat itu Budding dikenal oleh masyarakat Inggris sebagai seorang insinyur tekstil yang berhasil membuat mesin pemotong rumput pertama. Alat ini merupakan adaptasi dari tekanan putar yang digunakan untuk memotong serat pada karpet.

Setelah beberapa tahun Budding berhasil membuat model pertama mesin pemotong rumput. Bahkan, Budding mengajak seorang insinyur lokal John Ferrabee untuk berkolaborasi mengembangkan temuannya yang brilian itu. Merasa yakin ciptaannya bisa memberikan nilai jual, pada 18 Mei 1830, Budding mendapatkan suntikan dana John Ferrabee untuk mendirikan pabrik mesin pemotong rumput di kota kelahirannya, Stroud, Gloucestershire, Inggris. Pada 25 Oktober 1830, ia mematenkan karya yang briliannya itu di Inggris.

Pada 1831, untuk pertama kalinya, mesin pemotong rumput ciptaan Budding mulai dikenalkan ke publik dengan ujicoba pertama di taman Zoological Inggris. Hasilnya cukup memuaskan. Masih ditahun yang sama, pabrik Budding memproduksi secara massal mesin yang bisa memotong rumput secara cepat dan terjual hingga 1000 unit. Sepuluh tahun kemudian, Budding kembali membuat inovasi baru untuk membuat mesin pemotong rumput dengan menggunakan tenaga kuda.

Dalam perkembangannya, mesin ciptaan Budding terdapat delapan model mesin pemotong rumput dengan berbagai jenis. Bahkan, pabrik yang dibangunnya ini mampu memproduksi hingga 5000 unit pertahunnya. Sejak saat itu, tipe-tipe mesin pemotong rumput (potrum) mulai dikenal dan yang sering digunakan adalah tipe reel mower, rotary mower, dan flail mower. Pada dasarnya reel mower terdiri dari sebuah silinder reel yang berputar dilengkapi dengan pisau-pisau berbentuk helik, dan menghasilkan efek potong dengan adanya pisau horisontal yang tetap (bed knife). Reel mower mempunyai kualitas pemotongan terbaik diantara mesin mower lainnya. Meski demikian, tanpa diketahui sebabnya pabrik yang dibangun dengan susah payah ini mengalami kebangkrutan.

Hingga pada awal 1900, unit yang sama dibuat. Alat ini didorong dengan tangan, ditarik oleh kuda, atau diberi tenaga oleh mesin uap sampai penemuan mesin pemotong dengan tenaga bensin.Sebelum perang dunia pertama dimulai Thomas Green berhasil mengembangkan penemuan brilian Budding. Temuannya ini tentu saja dengan mengenalkan inovasi baru. Mesin pemotong rumput yang dinamakan the Silens ini bisa bergerak dengan cepat dan praktis karena mesin ini menggunakan rantai.

Edwin Beard Budding meninggal pada tahun 1846 dikarenakan penyakit stroke. Ia dimakamkan di kota kelahirannya. Berkat jasanya, model pertama mesin pemotong tersebut diabadikan di Museum Stroud, museum ilmiah London, dan Museum Milton Kyenes.(Fitriansyah, Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Bandung)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: